Contoh Proposal Skripsi ini
merupakan contoh dari sebuah skripsi jurusan bimbingan konseling, contoh prosal
skripsi ini hanya sebagai acuan anda dalam membuat sebuah proposal skripsi,
seblumnya saya juga sudah menulis beberapa judul skripsi yang kira anda
butuhkan sperti skripsi matematika, pai, biologi, bahasa inggris, kimia dan
masih banyak lagi, Silakan anda simak, mudah mudahan Contoh Proposal Skripsi
ini bermanfaat untuk anda semua, semoga dengan adanya contoh proposal skripsi
atau proposal tugas akhir ini proposal anda cepat terselesaikan PENDAHULUAN A.
Latar Belakang Masalah Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di
dunia dengan dilengkapi segenap organ tubuh dan kesempurnaan yaitu : akal,
emosi, hawa nafsu dan kelengkapan lainnya. Berbagai kelengkapan tubuh itu yang
menjadikan manusia lebih mulia dari mahluk Allah lainnya apabila manusia mampu
memfungsikan segala potensi sesuai dengan proporsinya. Namun apabila manusia
menyalah gunakan kelengkapan dan potensi yang diberikan Allah itu manusia dapat
menjadi mahluk yang rendah dan bahkan lebuh rendah dari binatang sekalipun.
Potensi yang ada pada manusia, selayaknya difungsikan dan ditumbuh kembangkan
sesuai dengan proporsinya, manusia akan mampu menjalankan fungsi
kepemimpinannya apabila membekali diri dengan ilmu pengetahuan. Allah SWT
berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Alaq 1-5 : اقرأ بسم ربك الذى خلق, خلق
الانسان من علق, اقرأ وربك الاكرم, الذى علم بالقلم, علم الانسان ما لم يعلم.
Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptakan. Dia
telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Maha Pemurah.
Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan manusia apa
yang tidak diketahuinya. (Q.S. Al-Alaq 1-5). (Departemen Agama RI, al-qur-an
dan Terjemahannya, Jakarta : Proyek Penaggndaan Kitab Suci al-qur-an. Jakarta.
1984 .hal. 1097) Sabda Nabi Muhammad SAW : طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
Artinya : Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. (Shalih, Ibnu ‘Adi dan
Baihaqi dari Anas).(Ahdjad Nadjih Terjemahan al-Jami’ush Shaghir Jilid III,
Surabaya : PT Bina Ilmu. 1995. Jakarta. hal. 330) Dari dua nash tersebut dapat
dipahami bahwa Agama Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan dan pentingnya
pendidikan yang menekankan perlunya orang belajar membaca dan menulis serta
belajar ilmu pengetahuan. Dengan berbekal ilmu pengetahuan manusia akan
mendapat derajat yang tinggi dan kedudukan yang mulia baik menurut pandangan
Allah SWT maupun manusia, dan hal imi dapat diperoleh cara beriman kepada Allah
SWT dan memperbanyak serta memperluas ilmu pengetahuan. Allah SWT dalam
firman-Nya mengungkapkan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang
beriman dan berilmu beberapa derajat. Firman Allah dalam surat Al-Mujaadalah
ayat 11 yaitu : يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتوا العلم درجات ان الله
يعلم ما تعلمون. Artinya : ….. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang
beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan dengan beberapa
derajat. Dan Allah Maha mengetahui terhadap apa-apa yang kamu kerjakan. (QS. Al
Mujaadalah : 11) (Departemen Agama RI. Op.Cit. hal. 910) Dalam kaitannya dengan
menuntut ilmu tersebut, maka seiring dengan kemajuan zaman yang kian pesat,
proses belajar tersebut semakin maju dan masalah yang sangat kompleks dan
urgen. Salah satu dari kekomplekannya, dapat dilihat dari konteks kekinian baik
mulai dari tantangan dan hambatan pendidikan ataupun tujuan yang hendak dicapai
oleh pendidikan itu sendiri. Untuk merealisasikan tujuan pembangunan nasional,
nampaknya eksistensi pendidikan sangat urgen hal ini dapat dilihat dari tujuan
Pendidikan Nasional yang termaktub dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 yaitu :
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung. (………. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Semarang : Tugu Muda. Hal. 5) Sebagai pendidik, orang tua
yang semestinya mendidik sendiri anaknya, dalam beberapa aspek bisa diwakilkan
dalam lembaga pendidikan formal tersebut yaitu sekolah. Sekolah atau Madrasah
yang menjadi wakil dari amanat orang tua dalam mendidik anak harus memiliki
kualifikasi yang cukup, dengan kata lain tidak semua lembaga pendidikan yang
secara otomatis menjadi lembaga pendidikan yang baik. Dengan demikian
kualifikasi merupakan prasarat wajib yang harus dimiliki lembaga pendidikan,
baik itu dari segi tenaga edukatif, sarana dan prasarana maupun aspek lain yang
terkait. Contoh proposal skripsi ini bisa anda minta skripsinya Berkaitan
dengan masalah proses belajar mengajar di sekolah, siswa maupun guru yang akan
melakukan dinamisasi dalam arti proses belajar mengajar tersebut merupakan
sarana untuk mengembangkan diri dan ilmu pengetahuan, sikap maupun akhlaq.
Hanya saja proses belajar tersebut tidak selamanya berjalan tanpa hambatan.
Hambatan atau rintangan akan senantiasa muncul setiap waktu baik itu kesulitan
mengajar guru, kesulitan belajar siswa dan sebagainya. Sehingga dengan beberapa
hambatan tersebut diharapkan guru dan siswa yang bersangkutan akan lebih
dinamis dan inovatif. Keberadaan bimbingan dan penyuluhan di sekolah yang
berperan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam berbagai hal
terutama masalah kesulitan belajar harus senantiasa mendapat perhatian yang
serius agar kesulitan belajar tersebut dapat segera teratasi. Dari sini peranan
bimbingan dan penyuluhan disekolah mulai diperlukan dan bukan saja untuk
mengatasi kesulitan belajar siswa akan tetapi juga membantu guru dalam mengenal
siswanya secara lebih dalam sehingga bimbingan dan penyuluhan lebih sistimatis
dan bermutu. Bimbingan dan penyuluhan yang keberadaannya semakin dibutuhkan
dalam dunia pendidikan merupakan suatu badan yang mempunyai fungsi sangat
penting. Dengan kata lain bimbingan dan penyuluhan mempunyai peran dalam
mencarikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses
belajar mengajar. Bimbingan dan penyuluhan berfungsi untuk membantu kelancaran
pendidikan dan pengajaran di sekolah, artinya dengan adanya bimbingan dan
penyuluhan disekolah secara intensif akan memberi dampak baik secara langsung
maupun secara tidak langsung yang akhirnya akan kembali pada keberhasilan
pendidikan. Berdasarkan pada pemikiran inilah kiranya perlu dilakukan
penelitian tentang peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi
kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak
Kidul Kecamatan Sumbersari Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2002/2003. B.
Rumusan Masalah. Contoh Proposal Skripsi bisa anda dapatkan Bertitik tolak dari
latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka permasalahan yang dapat
dirumuskan adalah : Adakah peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi
kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak
Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo ? Bagaimana peranan bimbingan
dan penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di Madrasah
Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten
Probolinggo ? C. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian di dalam karya ilmiah
merupakan target yang hendak dicapai melalui serangkaian aktivitas penelitian,
karena segala yang diusahakan pasti mempunyai tujuan tertentu yang sesuai
dengan permasalahannya. Sesuai dengan persepsi tersebut dan berpijakpada
rumusan masalah yang telah disebutkan, maka penelitian ini mempunyai tujuan :
Ingin mengetahui ada tidaknya peranan bimbingan dan penyuluhan dalam
menanggulangi kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah
Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Ingin
mengetahui bagaimana peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi
kesulitan belajar siswa dengan bimbingan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah
Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Contoh
proposal skripsi bisa anda dapatkan D. Kegunaan Penelitian Hasil penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait utamanya bagi
pihak-pihak berikut ini : 1. Bagi Guru Sebagai sarana untuk mengambil inisiatif
dalam rangka penyempurnaan program proses belajar mengajar sehingga antara guru
sebagai pendidik di sekolah dan siswa sebagai pihak yang perlu dididik bisa
saling melengkapi dan bekerja sama dengan baik, sehingga prestasi belajar siswa
akan selalu meningkat. 2. Bagi Instansi Sebagai bahan masukan dalam mengambil
kebijaksanaan yang tepat dan memberikan/menambah sarana dan prasarana dalam
rangka memberikan gairah dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan mutu
dan prestasi belajar siswa, sekaligus meningkatkan mutu pendidikan. 3. Bagi
Peneliti Sebagai bahan latihan dalam penulisan karya ilmiah, sekaligus sebagai
tambahan informasi mengenai bimbingan dan penyuluhan yang ada di lembaga
madrasah khususnya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak
Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. E. Metode Penelitian 1. Penentuan
Populasi dan Sampel Populasi menurut Suharsimi Arikunto adalah “keseluruhan
subyek penelitian” . Jadi populasi itu bersifat umum dan meliputi berbagai
keadaan, sehingga yang menjadi populasi adalah seluruh personel yang ada di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar
Kabupaten Probolinggo. Sedangkan pengertian mengenai sampel menurut Suharsimi
Arikunto adalah “sebagian atau wakil populasi yang diteliti” Adapun jenis
sampel yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan proporsional sampel,
menurut Sutrisno Hadi, berpendapat bahwa: Proporsional sampel, jika populasi
terdiri dari beberapa sub populasi yang tidak homogen dan tiap-tiap sub
populasi akan diwakili dalam penyelidikan, maka pada prinsipnya ada dua jalan
yang ditempuh : Mengambil sampel dari tiap-tiap sub populasi tidak
memperhitungkan besar kecilnya sub populasi, atau Mengambil sampel dari
tiap-tiap sub populasi dengan memperhitungkan besar kecilnya sub-sub populasi
itu.” Untuk mengumpulkan data peneliti harus menentukan responden yang akan
diteliti. Responden merupakan penjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
oleh peneliti. Data-data tersebut bisa menjadi data primer ataupun data skunder
menurut kualitas data yang diberikan oleh responde tersebut. Sutrisno Hadi
adalah semua individu untuk siapa kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari
sampel yang hendak digeneralisasikan. Sedangkan pengertian sampel adalah
sebagian individu yang diselidiki” Dalam penelitian ini yang akan menjadi
sampel adalah 1 Kepala sekolah, 2 guru BP, 40 orang siswa Madrasah Tsanawiyah
Nurul Hasaniyah Desa Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten
Probolinggo. 2. Metode Pengumpulan Data a. Metode Observasi Metode observasi
adalah suatu teknik untuk memperoleh data dengan menggunkan pengamatan
(gejala-gejala) yang diselidiki. Berdasarkan pendapat-pendapat dapat
dikemukakan bahwa Observasi adalah merupakan tekhnik atau metode untuk
mengadakan penelitian dengan cara mengamati langsung terhadap kejadian, baik di
sekolah maupun di luar sekolah dan hasilnya dicatat secara sempurna. Dengan
metode ini peneliti mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek
penelitian, dalam hal ini yang diamati adalah lokasi atau letak penelitian..
Dari sana dapat diketahui beberapa data yang dibutuhkan dalam kegiatan
penelitian ini. b. Metode Angket Angket atau kuesioner menurut Suharsimi
Arikunto adalah, “sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh
informasi dari responden tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui”. Berdasarkan
pengertian tersebut di atas, maka yang disebut angket adalah seperangkat
pertanyaan yang harus dijawab oleh responden untuk memperoleh data yang
diperlukan. Data yang dimaksud adalah data kuantitatif. Contoh proposal skripsi
ini bisa anda minta skripsinya c. Metode Interview Metode ini disebut juga
dengan wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk
memperoleh informasi dari terwawancara. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode wawancara yang bersifat tidak langsung, yaitu wawancara yang
dilakukan dengan 1 pengasuh, 2 guru BP. d. Metode Dokumentasi Metode
dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa
catatan transkrip, agenda dan sebagainya. Peneliti menggunakan metode ini
adalah untuk memperoleh data tentang Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Desa
Sambirampak Kidul Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. 3. Metode Analisa
Data Setelah mengadakan serangkaian kegiatan (penelitian) dengan menggunakan
beberapa metode di atas, maka data-data yang terkumpul dianalisa dengan
menggunakan teknik deskriptif. Teknik ini dipergunakan untuk menganalisa data
yang bersifat kualitatif atau data yang tidak dapat direalisasikan dengan
angka. Adapun data yang bersifat kuantitatif akan dianalisa dengan menggunakan
teknik prosentase, dimana akan digunakan rumus sebagai berikut : F P = -------
x 100 N Keterangan : P : Prosentase F : Frekuensi N : Jumlah responden F.
Sistematika Pembahasan Sistematika pembahasan merupakan rangkuman sementara
dari sisi skripsi, yakni suatu gambaran tentang isi skripsi secara keseluruhan
dan dari sistematika itulah dapat dijadikan satu arahan bagi pembaca untuk
menelaahnya. Secara berurutan dalam sistematika ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN Dalam bab pendahuluan ini dikemukakan tentang latar belakang
masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, hipotesis
penelitian, ruang lingkup dan keterbatasan penelitian, definisi operasional dan
sistematika pembahasan. BAB II KAJIAN PUSTAKA Dalam bab kajian pustaka ini
dikemukakan tentang Kajian tentang Peranan Bimbingan dan Penyuluhan yzng
meliputi: Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan, Fungsi dan Tujuan Bimbingan dan
Penyuluhan, Cara-cara Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan, Sifat Bimbingan dan
Penyuluhan, Jenis-jenis Bimbingan dan Penyuluhan. Dalam bab ini juga dibahas
tentang cara menanggulangi kesulitan belajar serta kajian tentang peranan
bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar. BAB III HASIL
PENELITIAN Bab ini menjelaskan tentang deskripsi data yang terdiri dari sejarah
berdiri, struktur organisasi, keadaan tenaga pengajar dan karyawan, keadaan
siswa, usaha menanggulangi kesulitan belajar siswa, kegiatan bimbingan dan
penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar mengajar. Selanjutnya akan
dijelaskan tentang penyajian data, analisis data dan terakhir diskusi dan
interpretasi. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab terakhir ini akan disajikan
tentang kesimpulan sebagai hasil dari penelitian dan dilanjutkan dengan
saran-saran yang sekiranya dapat dijadikan bahan pemikiran bagi yang
berkepentingan. Outline Skripsi PERANAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN DALAM
MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HASANIYAH
DESA SAMBIRAMPAK KIDUL KECAMATAN KOTAANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN
PELAJARAN 2003/2004 LOGO KAMPUS Oleh: aadesanjaya.blogspot.com
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Outline BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Rumusan Masalah C. Tujuan
Penelitian D. Kegunaan Penelitian E. Metode Penelitian 1. Penentuan Populasi
dan Sampel Penelitian 2. Metode Pengumpulan Data 3. Metode Analisis Data F.
Sistematika Pembahasan BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Kajian tentang Peranan
Bimbingan dan Penyuluhan Pengertian Bimbingan dan Penyuluhan Fungsi dan Tujuan
Bimbingan dan Penyuluhan Cara-cara Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Sifat
Bimbingan dan Penyuluhan Jenis-jenis Bimbingan dan Penyuluhan Kajian tentang
Menanggulangi Kesulitan Belajar Kajian tentang Peranan Bimbingan dan Penyuluhan
dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar BAB III HASIL PENELITIAN A. Deskripsi
Data Sejarah Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah desa Smbirampak
Kidul Kecamatan Kotaanyar Kab. Probolinggo Struktur Organisasi Madrasah Tsanawiyah
Nurul Hasaniyah Keadaan Tenaga Pengajar dan Karyawan Keadaan Siswa Madrasah
Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Usaha Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Hasaniyah Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan dalam
Menanggulangi Kesulitan Belajar Mengajar B. Penyajian Data C. Analisis Data D.
Diskusi dan Interpretasi BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan B. Saran
Daftar Pustaka Nah ilutah Contoh Proposal Skripsi yang dapat saya berikan jika
anda menginkan skripsinya silakan komen di bawah ini atau anda koment di fans
facebook blog aadesanjaya.logspot.com di pojok kanan silakan di like. Ini hanya
sekedar contoh proposal skripsi jurusan bimbingan konseling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar